Tips Menikmati Wisata Kuliner

Tips Menikmati Wisata Kuliner

Tips Menikmati Wisata Kuliner

Ghiboo.com – Anda hobi travelling tapi tidak pernah berani mencoba dan mencicipi kuliner khas daerah atau negara yang Anda tuju, sayang sekali bukan? Bisa jadi, karena Anda takut rasanya tidak cocok di lidah, takut tidak halal dan banyak alasan lainnya.

Tentunya perjalanan Anda rasanya kurang sempurna bila tidak mencicipi makanan khas tempat yang dituju. Tenang saja, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan panduan agar tidak khawatir mencoba kuliner khas tempat dimana Anda sedang berpergian.

Minta rekomendasi

Anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat makan di buku panduan perjalanan atau informasi dari internet. Namun, rekomendasi yang paling berharga hanya dari penduduk lokal. Penduduk lokal biasanya paling tahu tempat makan yang murah, bersih, dan rasanya enak.

Berani mencoba

Banyak orang enggan mencicipi makanan lokal hanya karena khawatir rasanya tak cocok di lidah. Tapi, Anda tak akan pernah tahu rasanya kalau tak mencoba. Beri kesempatan lidah Anda mencecap cita rasa yang baru. Sebagai awalan, coba dulu hidangan yang mirip masakan Indonesia. Kalau sudah terbiasa, lidah akan lebih mudah menerima jenis hidangan lainnya.

Cari tahu kehalalannya

Di negara non-muslim, konsep halal mungkin kurang dimengerti. Supaya tidak membuat bingung atau salah paham, cukup tanyakan pada pelayan atau penjualnya apakah makanan tersebut mengandung babi dan bahan lainnya yang dilarang menurut agama Islam.

Perhatikan kebersihannya

Kebersihan, hal penting yang harus Anda perhatikan. Sebelum memutuskan membeli makanan di warung atau rumah makan tertentu, perhatikan kondisi lingkungannya apakah cukup bersih. Setelah itu, perhatikan baik-baik kebersihan tukang masak dan pelayannya.

Pantangan makanan

Saat berpergian, orang cenderung kurang memperhatikan bahan makanan yang harus dihindari. Bagi pengidap alergi atau memiliki penyakit tertentu, pantangan makanan tak boleh dianggap sepele. Menyantap makanan yang dilarang dokter sama saja dengan mengundang masalah kesehatan serius. Meskipun jauh dari rumah, pastikan Anda tetap melaksanakan anjuran dokter.

Tanyakan harganya

Turis biasanya gengsi menanyakan harga makanan, tapi ini justru bisa mengundang tindak penipuan bagi Anda. Kalau Anda benar-benar enggan bertanya soal harga makanan, sebaiknya pilih rumah makan yang mencantumkan harga di daftar menu mereka. Tapi, tempat makan lokal biasanya jarang mencantumkan harga. Risikonya, pilihan Anda menjadi jauh lebih sedikit.

(Berbagai sumber)

Iklan