Dialog Lintas Agama Jaga Toleransi Umat

Dialog Lintas Agama Jaga Toleransi Umat

SEMARANG – Dialog Lintas Agama Tingkat Regional keenam resmi dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negei Republik Indonesia Wardhana di Semarang. Dialog ini akan berlangsung pada 11 hingga 15 Maret.

Selain oleh Wamenlu, pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Hj Rustriningsih. Selain itu wakil dari 14 negara di Asia-Pasifik juga turut serta dalam dialog ini.

“Bagi bangsa Indonesia, dialog antar lintas agama dan antar budaya ada di dalam DNA untuk menjaga masyarakat yang toleran dan harmonis,”demikian sambutan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, A.M. Fachir dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diperoleh okezone, Senin (12/3/2012).

“Tema Dialog tahun ini, yaitu ‘Strengthening Collaborative Communities to Promote Regional Peace and Security’, mencermikan komitmen bersama kita untuk mempromosikan kerja sama antar iman di tingkat akar rumput yang diharapkan akan memberikan sumbangan terhadap kemajuan perdamaian di kawasan,” tambahnya.

Pertemuan yang berlangsung dari 11 _ 15 Maret 2012 ini juga diharapkan akan menghasilkan sebuah Plan of Action atau langkah kerja menuju program-program dan inisiatif-iniatif yang nyata. Tentunya langkah kerja itu dapat diterapkan untuk menciptakan perdamaian dan keamanan kawasan.

Pertemuan the 6th Regional Interfaith Dialogue ini dihadiri oleh 120 anggota delegasi dengan berbagai latar belakang mulai dari pemimpin agama, tokoh masyarakat, akademisi, media dan pejabat pemerintah dari 13 negara.

Adapun negara-negara yang turut serta dalam dialogi ini yaitu Indonesia, Australia, Selandia Baru, Filipina sebagai co-sponsors ditambah Brunei Darussalam, Kamboja, Fiji, Laos, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

By fnugraha, okezone.com

Iklan