Menjalani pola hidup sehat amat penting jika dilakukan sejak dini. Terutama di usia remaja, saat tubuh sedang aktif-aktifnya dalam masa pertumbuhan.

6 Makanan yang Harus Dihindari Para Remaja

MENJALANI pola hidup sehat amat penting jika dilakukan sejak dini. Terutama di usia remaja, saat tubuh sedang aktif-aktifnya dalam masa pertumbuhan.

Namun ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari para remaja. Apa saja?

1. Soda

Sebotol soda mengandung sekitar 250 kalori, kebanyakan di antaranya terdapat dari fruktosa berkadar tinggi. Selain itu, bahan-bahan kimia berbahaya, termasuk pemanis buatan dan pengawet, mengendap dalam waktu lama di dalam minuman bersoda. Diet soda juga sama bahayanya dengan minuman bersoda biasa. Efek terbesarnya ialah menyebabkan penyakit kanker

2. Keripik

Keripik dalam kemasan mengandung pengawet dalam jumlah besar dan sebaiknya dihindari. Keripik yang dibuat dengan cara digoreng dapat menyebabkan serangan jerawat dan gangguan kesehatan lainnya. Jika ingin melahap keripik kentang, sebaiknya pilih yang dipanggang, bukan digoreng. Jika ingin lebih aman, buat sendiri dengan bumbu-bumbu pilihan Anda.

3. Makanan kalengan

Seperti juga camilan dalam kemasan, makanan kalengan pun memiliki kadar pengawet yang tinggi. Begitu pula kandungan sodium dan lemak di dalamnya.

4. Fast food

Tahukah Anda, seporsi kudapan fast food mengandung kalori yang setara dengan seluruh makanan yang Anda konsumsi seharian? Fast food mengandung kadar lemak dan bahan berbahaya lainnya dalam jumlah tinggi. Tidak heran kalau banyak orang menjuluki fast food sebagai junk food.

5. Roti tawar

Roti tawar terbuat dari tepung yang diputihkan dengan bahan-bahan khusus. Ditambah lagi, para produsen roti tawar juga kerap menambahkan bahan pengawet agar produknya dapat tahan lama di dalam kemasan. Sebagai gantinya, pilih roti gandum yang lebih sehat dan kaya serat.

6. Makanan yang dibekukan

Sama seperti makanan kalengan, makanan beku seperti nugget atau sosis juga mengandung banyak bahan kimia dan pengawet. Ditambah lagi, makanan jenis ini juga tergolong rentan, karena jika terdapat kebocoran di kemasan, kesegarannya akan berkurang dan cepat basi.

dari Berbagai Sumber
Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com
Iklan